Mengeksploitasi Perilaku Masyarakat, Dan Menjadikannya Target Bisnis

“Marketing Yang Hebat Adalah Melalui Inovasi Yang Mampu Mempengaruhi Perilaku Masyarakat.”- Djajendra

Inovator yang hebat selalu mampu menciptakan produk atau jasa yang mempengaruhi kehidupan pelanggan. Dengan kreativitas, sang inovator sangat cerdas mengeksploitasi perilaku masyarakat, dan menjadikannya target bisnis.

Contoh dari para inovator yang hebat ini dapat kita lihat di bisnis hape atau ponsel. Begitu kreatifnya para inovator merancang model, prototipe, atau simulasi; yang walaupun barangnya belum diproduksi, tapi telah dipasarkan untuk mempengaruhi calon pelanggan.

Para pengusaha yang sekaligus menjadi inovator bisnis yang hebat, selalu berorientasi menjual dengan mempengaruhi perilaku calon pelanggan.

Sebagai contoh, produk-produk ponsel adalah produk-produk yang begitu kreatif untuk menghasilkan inovasi-inovasi hebat. Para calon pelanggan yang terpengaruh dengan berbagai informasi yang kreatif tentang produk – produk ponsel terbaru, terperangkap untuk memikirkan ponsel model terbaru tersebut dengan fitur-fitur baru yang luar biasa. Di sini, keberhasilan para inovator untuk mengeksplorasi perilaku para calon pelanggan telah sukses, dan tinggal mengarahkan para calon pelanggan untuk masuk ke dalam nilai-nilai kehidupan baru. Lihat saja, ponsel dengan jaringan internet telah mampu menciptakan perilaku kehidupan baru. sekarang ini ada begitu banyak anak remaja dan orang dewasa yang terpengaruh dengan facebook, twitter, dan lain sebagainya melalui ponsel mereka. Tiap menit mereka bisa chating melalui ponsel. Fungsi ponsel sudah tidak sekedar terbatas pada menelepon dan ber sms an, tapi semakin hari perilaku-perilaku baru tercipta dari produk ponsel tersebut. Para inovator memang luar biasa hebat, telah mampu masuk dan mempengaruhi mind set masyarakat.

Dari hari ke hari saya memperhatikan bahwa cara menjual yang hebat adalah dengan menjadi inovator yang mampu memberdayakan perilaku calon pelanggan, serta menanamkan nilai-nilai baru untuk meyakinkan para calon pelanggan, agar mereka sendiri secara sadar membeli produk atau jasa tersebut.

Inovator yang kreatif bermain diperilaku para calon pelanggan, dan selalu sukses menjual produk atau jasa mereka melalui komunikasi persuasive. Termasuk, iklan dan promosi yang masuk sangat dalam ke perasaan dan pikiran para calon pelanggan, yang memaksa calon pelanggan untuk membeli produk baru tersebut. Kata “memaksa” di sini lebih kepada mempengaruhi sedemikian rupa, hingga para calon pembeli merasa wajib untuk membelinya.

Persepsi bahwa pelanggan harus dilayani dengan ramah-tama dalam sikap baik, ternyata tidak berlaku pada saat para pelanggan tersebut telah dipengaruhi oleh para inovator  melalui produk atau jasa yang persuasif. Sekali calon pelanggan terpengaruh dan memimpikan untuk memiliki sebuah ponsel baru, maka seberapa buruk pun pelayanan customer servicenya, dia akan tetap membeli produk tersebut. Begitulah hebatnya pemasaran persuasif dengan hasil inovasi yang hebat.

Marketing yang hebat adalah melalui inovasi yang mampu mempengaruhi perilaku masyarakat. Sebuah inovasi yang harus secara cerdas dimulai melalui memahami dan mengamati produk-produk lain. Seperti kehebatan para inovator ponsel yang mampu memahami produk-produk internet, lalu menjadikannya fitur-fitur baru buat perilaku kehidupan baru masyarakat.

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com