Kita Semua Adalah Konsumen Dan Mungkin Pelanggan

“Tugas Mulia Dari Seorang Tenaga Penjual Adalah Mengkonversi Setiap Konsumen Menjadi Pelanggan Yang Setia Dan Fanatik Kepada Layanan, Produk, Dan Jasa Yang Diberikan.” – Djajendra

Saya adalah konsumen. Anda adalah konsumen. Kita semua adalah konsumen dan sekaligus pelanggan atas sebuah produk dan jasa. Ketika kita membeli sesuatu, apakah itu produk ataupun jasa, kita selalu berharap dilayani dengan baik dan berkualitas. Sekali kita merasa bahagia dilayani, maka kita tidak sekedar hanya menjadi konsumen, tapi akan menjadi pelanggan yang loyal. Jadi, setiap penjual harus selalu memikirkan pelayanan berkualitas tinggi dengan segala kemudahan buat si konsumen, agar si konsumen tidak berhenti setelah sekali membeli jasa atau pun produk yang Anda tawarkan, tapi menjadi semakin mencintai produk dan jasa yang Anda tawarkan tersebut, dan selalu setia menjadi pelanggan terbaik yang menguntungkan bisnis Anda.

Tanpa ada seorang konsumen atas produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka pastinya tidak akan terjadi transaksi dan tidak akan ada bisnis. Tanpa ada pelayanan yang berkualitas dan memudahkan kebutuhan konsumen, maka bisnis Anda tidak akan memiliki pelanggan-pelanggan yang setia.

Bila semua pelanggan Anda tidak loyal kepada produk atau jasa Anda, maka tingkat risiko bisnis Anda akan sangat tinggi, dan Anda pun sulit merencanakan hal-hal besar buat meraih sukses di masa depan.

Tugas mulia dari seorang tenaga penjual adalah mengkonversi setiap konsumen menjadi pelanggan yang setia dan fanatik kepada layanan, produk, dan jasa yang diberikan.

Seorang konsumen selalu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan menjadi pelanggan setia dari sebuah produk atau jasa. Diantaranya, konsumen selalu berharap barang yang dibelinya itu berkualitas dengan harga yang wajar. Konsumen selalu berharap pelayanan berkualitas yang sifatnya total. Konsumen selalu berharap sikap baik dan perilaku beretika bisnis yang penuh tanggung jawab. Konsumen selalu berharap kejujuran dan keterbukaan atas produk atau jasa yang dibeli. Artinya, bila hal-hal di atas dipenuhi secara baik oleh perusahaan atau pun penjual, maka si konsumen akan dengan senang hati mengabdikan dirinya menjadi pelanggan yang sangat setia terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dunia bisnis semakin hari semakin meningkat tingkat persaingannya. Oleh karena itu, perusahaan bersama tim penjualnya harus memikirkan hal-hal terbaik buat konsumen. Hal-hal terbaik yang membuat konsumen menjadi pelanggan yang setia dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Ingat!Bisnis Anda tanpa pelanggan setia akan menjadi bisnis yang rapuh dan mudah runtuh.

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com