Memimpin Melalui Facebook

“Internet Adalah Senjata Kekuasaan Di Masa Depan. Siapa Saja Pemimpin Yang Mampu Memanfaatkan Internet Untuk Membangun Kekuatan Positif Dirinya, Maka Dia Akan Dengan Mudah Mendapatkan Kepercayaan Dari Orang Lain.”-Djajendra

Dunia hari ini adalah dunia yang dikendalikan melalui kekuatan internet. Anak-anak muda di hari ini lebih mengenal facebook dibandingkan nama sebuah majalah atau pun Koran.

Facebook hanyalah sebuah trend yang setiap waktu bisa digantikan oleh nama lain untuk sebuah trend kehidupan yang baru, tapi kekuatan internet sepertinya tidak bakal tergantikan di sepanjang abad ini.

Beberapa hari yang lalu, saat saya di kota Medan, saya bertemu dengan seseorang yang bercerita tentang dirinya yang mampu memimpin orang-orang lain untuk sebuah aktifitas melalui facebook. Menurut dia, bermodalkan facebook dan warnet dia bisa chating kepada teman-teman sekelompoknya untuk membicarakan, memutuskan, dan menindaklanjutkan setiap rencana mereka. Artinya, fungsi-fungsi kepemimpinan seperti komunikasi, kolaborasi, koordinasi, dan yang lain sebagainya cukup mereka lakukan melalui fasilitas facebook. Luar biasa!

Salah satu cerita sukses kepemimpinan modern adalah kisah president Amerika Serikat, Mr. Barack Obama. Obama sangat cerdas memanfaatkan kekuatan internet dengan berbagai fasilitas yang ada untuk membuat dirinya sekuat hari ini. Dan, ada begitu banyak lagi kisah-kisah sukses pemimpin yang lahir dari kekuatan internet. Ada yang terekspos, ada juga yang tidak terekspos ke permukaan kehidupan sosial masyarakat. Yang perlu disadari oleh setiap orang adalah bahwa internet telah menjadi sebuah kekuatan komunikasi yang tidak boleh diabaikan oleh siapa pun. Internet adalah senjata kekuasaan di masa depan. Siapa saja pemimpin yang mampu memanfaatkan internet untuk membangun kekuatan positif dirinya, maka dia akan dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Silakan mencoba, miliki integritas, dan yakinlah bahwa waktu akan menjadi saksi keberhasilan Anda.

Facebook sebagai salah satu kekuatan ‘social networks’ telah bekerja dengan luar biasa hebat. Apalagi saat sekarang, dukungan teknologi telepon seluler membuat facebook semakin menjadi alat yang menghubungkan orang-orang yang seminat.

Kekuatan internet dengan berbagai fasilitas pendukungnya secara perlahan-lahan, tapi pasti, sedang menggusur pola kepemimpinan dengan cara-cara lama yang penuh rahasia dan birokrasi rumit. Sekarang ini jamannya transparansi, sekarang ini jamannya bersikap jujur dan benar. Sebab, tidak ada lagi tempat buat para pemimpin untuk memimpin sambil menyimpan seribu rahasia di dalam kepura-puraan. Dunia telah berubah, dunia sekarang sangat berbeda dengan dunia sepuluh tahun yang lalu. Anak-anak muda sekarang lebih hebat dengan kekuatan informasi di tangan mereka. Anak-anak muda sekarang lebih cerdas dan lebih memahami banyak hal yang mungkin tidak diduga oleh para orang tua. Anak-anak muda di hari ini sudah begitu cerdas untuk memimpin melalui kekuatan facebook.