Hidup Dalam Rumah Etika

“Etika Itu Seperti Cahaya Yang Menerangi Setiap Jiwa, Setiap Pikiran, Setiap Emosi, Dan Setiap Perasaan Untuk Menjalani Kehidupan Yang Adil Dan Beradab.” – Djajendra

Di saat selesai acara pelatihan etika bisnis,  photographer yang bertugas dalam acara training tersebut menghampiri saya dan mengucapkan terima kasih. Dia merasa mendapatkan pengetahuan yang begitu penting untuk menjadikan pekerjaannya berkualitas.

Si photographer tersebut bukanlah peserta, tapi sambil menjalankan tugasnya dia juga menyimak semua materi pembahasan etika bisnis tersebut. Dia adalah pribadi luar biasa.

Adalah sebuah realitas bahwa siapapun pasti tak ingin disebut sebagai pribadi tanpa etika. Sebab, sesungguhnya setiap manusia memiliki kekuatan hati nurani yang mampu memahami apa yang baik dan apa yang buruk. Persoalannya, dalam kehidupan sehari-hari banyak orang suka lupa untuk menjalani kehidupan bersama kekuatan moral, etika dan sikap baik. Padahal hidup bersama kekuatan moral, etika, dan sikap baik pasti mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian buat batin terdalam.

Salah satu kunci sukses dalam meraih kehidupan bahagia adalah membiasakan diri untuk hidup dalam rumah etika. Rumah etika adalah raga diri. Raga diri yang terdiri dari kekuatan perasaan, pikiran, dan tindakan yang sesuai dengan kekuatan moral dan kekuatan yang bisa membedahkan mana baik dan mana yang tidak baik, mana pantas dan mana yang tidak pantas.

Saat perasaan dan pikiran tumbuh berkembang  dalam rumah etika, maka di saat itu permainan kehidupan tidak akan didasari oleh kekuatan ego dan nafsu, tapi akan didasari oleh sifat dan sikap baik dalam kekuatan moral dan akal sehat.

Diri akan menjadi semakin damai dan bahagia bila mampu hidup berpondasikan etika yang kuat, santun, dan penuh prasangka baik.

Bila Anda yang ingin hidup dalam kekuatan pondasi etika, Anda harus cerdas memperhitungkan semua tuntutan hak dan kewajiban moral, agar Anda mampu memberikan pelayanan kehidupan yang efektif dan berkualitas bersama kekuatan moral dan sikap baik Anda.

Ingat! Anda yang beretika pasti akan menjadi simbol kebaikan dan kenyamanan buat semua orang, baik itu buat kawan maupun lawan.

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com