Belajar Dari Kritik

“Kritik – Kritik Tajam Itu Seperti Guru Yang Sedang Mengajari Diri Kita Untuk Memperkuat Kemampuan Diri Sendiri Dalam Perjalanan Menuju Puncak Sukses Tertinggi.” – Djajendra

Saat seseorang merasa tidak nyaman pada sebuah kondisi, maka dia pasti akan mengkritik orang atau lingkungan yang membuat dirinya tidak nyaman. Saat diri merasa sangat mencintai atau menyayangi seseorang, tapi saling tidak paham, maka kritik akan menjadi solusi dalam upaya menyamakan kemauan.

Prilaku mengkritik adalah sesuatu hal yang sangat wajar. Kritik bisa muncul dari sikap cinta dan sikap benci. Kritik adalah guru terbaik yang mengajarkan diri untuk selalu memperkuat dan memperbaiki kualitas diri agar menjadi lebih cemerlang. Menerima kritikan dari orang lain berarti diri harus siap dengan tulus untuk bercermin pada cermin integritas jiwa.

Saat berada dibawah tekanan kritik sebaiknya tenangkan diri dan coba lakukan introspeksi untuk menjawab semua kritikan tersebut dengan jiwa besar. Saat performa diri dalam kondisi yang labil, maka kritikan biasanya akan dipahami secara negatif, dan secara otomatis akan mengakibatkan diri merasa tertekan. Jadi, pastikan Anda menjadikan setiap kritikan sebagai pengetahuan berharga dalam upaya memperkuat kualitas diri Anda. Jadikan setiap suara kritikan sebagai energi positif yang membangkitkan benih-benih motivasi diri untuk menjadi lebih baik. Jangan pernah membiarkan diri Anda tertekan oleh suara kritik dari sumber manapun, tapi berpikirlah positif dan jadikan setiap kritikan seperti lagu-lagu indah yang memotivasi perasaan dan pikiran Anda untuk bangkit dan bekerja lebih cerdas lagi.

Jangan pernah biarkan sikap pesimistis orang lain terhadap kemampuan diri Anda merusak semua potensi hebat yang ada di dalam diri Anda. Anda harus menjadi pribadi tegar yang tak tergoncangkan oleh badai kritik, lalu menjawab semua keraguan orang lain terhadap diri Anda dengan prestasi dan cara kerja yang hebat. Jangan biarkan diri Anda menjadi bulan-bulanan kritik dari siapa pun, jangan biarkan diri Anda menjadi keranjang sampah kritikan orang lain. Tetapi, bangkitlah dan tunjukkan kepada setiap orang bahwa Anda adalah pribadi terbaik dengan prestasi yang luar biasa hebat.
Setiap suara kritikan tidak boleh membuat Anda menyerah. Setiap kali dihujam kritik tidak boleh membuat Anda berkecil hati dan ketakutan. Setiap kali diri Anda diteror oleh suara-suara kritikan, Anda tidak boleh lari dan bersembunyi dikolong kehidupan. Ingat, tekanan adalah hal yang wajar di dalam kehidupan, tekanan bila dipahami secara positif, maka tekanan itu akan menjadi energi yang membuat diri lebih banyak belajar tentang hal-hal yang lebih baik dari kehidupan.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com