Kegagalan Mengajari Kita Untuk Lebih Bertanggung Jawab

“Hidup Ini Perlu Tanggung Jawab. Dan Setiap Ujian Kehidupan Sesungguhnya Sedang Menguji Tanggung Jawab Kita Kepada Kehidupan.” – Djajendra

Perjalanan kehidupan manusia tidaklah mungkin lurus seperti sebuah garis lurus yang sempurna. Kehidupan manusia lebih menyerupai gelombang turun naik seperti yang terlihat di grafik denyut jantung. Semua itu menggambarkan ketidaksempurnaan kehidupan yang manusia miliki. Ketidaksempurnaan kehidupan manusia itulah menjadikan manusia suka terjatuh ke dalam lubang kegagalan. Tetapi, kegagalan adalah guru terbaik yang mengajari manusia untuk lebih bertanggung jawab kepada kehidupan. Oleh karena itu, bila Anda sedang jatuh dalam kegagalan, janganlah bersedih, apalagi berkeluhkesah, tapi belajarlah dari kegagalan dan jadilah lebih bersemangat untuk meraih keberhasilan.

Sering sekali saya mendengar cerita putus asa dari orang-orang yang merasa kalah di dalam hidupnya. Setelah saya pahami, sesungguhnya orang-orang tersebut tidak kalah di dalam hidupnya, tapi hanya sedang menjalani sebuah ujian untuk tumbuh menjadi lebih besar dan lebih hebat dari sebelumnya.  Dan, di sinilah diperlukan pikiran positif, emosi positif, dan kerja keras untuk bangkit dari lubang kegagalan tersebut.

Hidup ini perlu tanggung jawab. Dan setiap ujian kehidupan sesungguhnya sedang menguji tanggung jawab kita kepada kehidupan. Bila kita mampu secara cerdas menjawab semua ujian tersebut dengan rasa tanggung jawab yang tinggi, maka kita akan dipermudahkan oleh Tuhan dengan berbagai kemudahan untuk mendapatkan keberhasilan seperti yang kita harapkan.

Kadangkala kita mungkin memiliki rencana-rencana yang luar biasa sempurna dan terukur, tapi masih juga bisa terjatuh ke dalam lubang kegagalan. Artinya, kegagalan bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Kegagalan tidak mengenal pintar atau pun tidak pintar. Kegagalan tidak mengenal sempurna atau pun tidak sempurna. Kegagalan hanya hadir sebagai bagian dari sebuah proses kehidupan, bagian dari sebuah ujian kehidupan, bagian dari sebuah proses kenaikan kelas buat kehidupan yang lebih baik.

Kehidupan yang baik adalah kehidupan yang tidak menyalahkan orang lain atas kegagalan kita. Sebab, sikap menyalahkan orang lain atas kejatuhan atau pun kegagalan kita hanya akan membuat lubang kegagalan semakin mendalam, dan mungkin semakin sulit untuk bangkit dari lubang yang terlalu dalam.

Pastikan Anda masih bisa tersenyum dan lebih bersemangat tinggi untuk keluar dari lubang kegagalan. Jangan malu atau pun merasa rendah oleh senyum sinis orang-orang di sekitar Anda. Bangkitlah dalam sikap rendah hati, lalu berdoalah kepada Tuhan, dan lanjutkan perjuangan Anda untuk keluar dari lubang kegagalan dan mendaki ke puncak kejayaan Anda.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com