Memperteguh Prioritas Kerja

“Bekerja Dengan Prioritas Yang Jelas, Berarti Mendidik Diri  Menjadi Lebih Efektif Untuk Menghasilkan Tindakan Yang Berkualitas, Dan Hasilnya Adalah Anda Akan Mencapai Sukses Yang Maksimal Di Semua Aspek Kehidupan Anda.” – Djajendra

Pekerjaan yang berkualitas hanya dapat dihasilkan melalui sikap dan perilaku yang memprioritaskan pekerjaan sesuai urgensinya. Bila Anda fokus dan peduli untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sesuai dengan kebutuhan mendesak organisasi, maka organisasi Anda akan berjalan sesuai rencana. Tetapi, bila Anda hanya mengikuti selera Anda terhadap tugas dan tanggung jawab, tanpa memikirkan kebutuhan mendesak organisasi, Anda akan menjadi pribadi yang kurang efektif buat organisasi. Jadi, buatlah sebuah daftar pekerjaan yang disesuaikan dengan rencana dan target organisasi, lalu sesuaikan perilaku kerja Anda dengan kebutuhan organisasi.

Berikut ini ada beberapa tip yang dapat kiranya menjadi inspirasi buat Anda dalam menyusun prioritas kerja di organisasi Anda.

1. Buatlah Sebuah List Pekerjaan Anda Secara Total.

Pastikan Anda telah mendaftarkan semua tugas-tugas Anda, kemudian menilai urgensi dari masing-masing tugas Anda tersebut. Lalu, jadwalkan tugas-tugas itu untuk diselesaikan sesuai prioritas.

2. Hapuskan Tugas-Tugas Tidak Penting Dari List Anda.

Lakukan evaluasi melalui filter yang baik, lalu pilih hal-hal terpenting untuk dikerjakan dan hapus semua hal-hal yang tidak penting dari list Anda.

3. Buatlah List Pekerjaan Yang Bersih Dari Hal-Hal Tidak Penting.

Anda harus menjadi pribadi efektif oleh karena fokuskan perhatian Anda hanya pada pekerjaan-pekerjaan yang sangat penting untuk dikerjakan segera. Pastikan Anda mampu mengurangi beban pikiran dan beban pekerjaan Anda melalui list pekerjaan baru tersebut.

4. Pahami Sebab-Sebab Urgensi Sebuah Pekerjaan.

Anda harus menjadi pribadi yang lentur untuk memahami berbagai sebab-akibat atau pun aksi-reaksi terhadap urgensinya sebuah pekerjaan. Jadi, pastikan Anda paham betul tentang apa yang menyebabkan urgensi. Pastikan Anda paham betul situasi apa yang mendesak untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dan pastikan Anda paham betul untuk tidak menunda-nunda suatu tugas yang sangat mendesak.

5. Jadikan Diri Anda Sebagai Pribadi Berdisiplin Tinggi Yang Patuh Pada Prioritas Kerja Untuk Mensukseskan Program-Program Organisasi.

Pahami cara terefektif untuk melakukan tugas. Pahami cara terefektif untuk berkontribusi kepada organisasi secara maksimal. Miliki visi yang jelas tentang setiap tanggung jawab Anda kepada organisasi, dan miliki integritas diri yang tinggi untuk membantu organisasi meningkatkan kinerja.

Untuk seminar/training hubungi www.ninecorporatetrainer.com