Intrapreneur

”Mau Berbagi, Mau Berkomunikasi, Mau Saling Membantu, Mau Sama-Sama Bekerja Keras, Dan Mau Menjaga Harkat Perusahaan Untuk Sebuah Reputasi Dan Kredibilitas. Inilah Awal Membangun Perusahaan Dengan Komunitas Intrapreneur.” – Djajendra

Dalam sebuah tulisan, Gifford Pinchot, seorang pembicara di bidang manajemen korporasi, menuliskan tiga tahapan untuk memudahkan manajer memahami organisasi. Pertama, organisasi sebagai hierarki, yang alat utamanya adalah pendelegasian. Kedua, organisasi sebagai komunitas, yang alat utamanya adalah visi dan nilai. Ketiga, organisasi sebagai ekonomi, yang alat utamanya adalah kepemimpinan yang efektif dari bisnis intinya.

”Organisasi masa depan akan merupakan komunitas intrapreneur.” begitulah inti pesan Gifford Pinchot di dalam tulisannya tersebut.

Setelah saya membaca dan merenungkan semangat yang ada di tiga tahapan Gifford Pinchot tersebut. Saya berkesimpulan bahwa untuk bisa menjadi manajer berkualitas dalam memimpin komunitas intrapreneur, manajer harus memiliki kemampuan – kemampuan sebagai berikut.

1. Bekerja dengan membangun tim dan menempatkan orang-orang terbaik sesuai kemampuan.

2. Bersikap konsisten dan selalu menjelaskan pekerjaan dengan sesederhana mungkin kepada bawahan.

3. Memahami mind set bawahan dengan serius, dan memperbaiki setiap kekurangan untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

4. Menyiapkan semua peralatan penting untuk mendukung pekerjaan bawahan.

5. Memiliki manajemen waktu yang berkualitas, lalu mampu mengerjakan hal-hal prioritas sebelum melangkah ke hal-hal lain.

6.  Mengajari bawahan untuk proaktif bekerja sama, khususnya dengan atasan dan kolega satu tim.

7. Memiliki gaya kepemimpinan yang sesuai dengan pikiran, ucapan, dan tindakkan.

8. Mengelola organisasi dengan cara menetapkan batas wewenang, lalu memberikan Kebebasan kepada bawahan untuk berkreasi dalam tanggung jawab.

9. Menciptakan lingkungan kerja yang penuh dengan komitmen, semangat, kepercayaan,  dan kerja sama.

10. Menciptakan etos kerja yang berdisiplin dan terperinci.

11. Memotivasi bawahan untuk menemukan cara sendiri dalam setiap tantangan di pekerjaan.

12. Memahami perilaku setiap bawahan, lalu bersikap adil dan membantu bawahan untuk berhasil.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com