Good Values Good Moral Good Ethics

“ Saudara-Saudara Sekalian, Saya Sebagai Pimpinan Anda Tidak Begitu Mempersoalkan Masalah Kejeniusan Dan Kepintaran Anda. Buat Saya Hal Yang Paling Penting Adalah Etika, Moral, Dan Kepatuhan Anda Semua Kepada Nilai-Nilai Kerja Perusahaan. Sepintar Apa Pun Anda, Jika Anda Melanggar Etika, Moral, Dan Nilai-Nilai Kerja Perusahaan; Saya Pasti Akan Mengeluarkan Surat Peringatan, Dan Mungkin Juga Meminta Anda Untuk Segera Meninggalkan Perusahaan.” – Direktur Sdm Sebuah Perusahaan Swasta

Dengan memiliki nilai-nilai etos kerja terbaik,perusahaan akan mendapatkan peluang untuk menuju pada keberhasilan. Dengan memiliki panduan etika bisnis dan code of conduct terbaik, perusahaan akan memiliki integritas untuk memenangkan kompetisi secara total di semua aspek. Berbisnis itu tidak sekedar butuh kepintaran dan kejeniusan saja, tapi bisnis yang baik selalu lebih mementingkan etika terpuji.

Dalam sebuah acara pelatihan perusahaan. Saat salah satu direktur dari perusahaan peserta pelatihan itu memberikan kata sambutan. Si direktur berkata, “ saudara-saudara sekalian, saya sebagai pimpinan Anda tidak begitu mempersoalkan masalah kejeniusan dan kepintaran Anda. Buat saya hal yang paling penting adalah etika, moral, dan kepatuhan Anda semua kepada nilai-nilai kerja perusahaan. Sepintar apa pun Anda, jika Anda melanggar etika, moral, dan nilai-nilai kerja perusahaan; saya pasti akan mengeluarkan surat peringatan, dan mungkin juga meminta Anda untuk segera meninggalkan perusahaan.”

Kata-kata si direktur itu begitu lugas, tegas, dan jelas. Saya pikir pesan-pesan seperti itulah yang harus di sampaikan oleh para pimpinan perusahaan kepada para karyawannya. sebab, saya sangat yakin bahwa ketika etika, moral, dan nilai-nilai kerja perusahaan didukung dengan disiplin yang tinggi; energi positif akan mengisi batin terdalam para karyawan, untuk kemudian mendorong semangat juang para karyawan secara total buat keberhasilan perusahaan dengan cara-cara yang terhormat dan beretika.

Perusahaan yang baik pasti akan memiliki semangat yang luar biasa untuk menjalankan etika bisnis dengan nilai-nilai organisasi yang terpuji di semua aspek kerja perusahaan. Demikian juga dengan kepemimpinan yang terpuji di perusahaan, pasti akan membangun iklim dan suasana kerja perusahaan dengan berlandaskan etika bisnis dengan nilai-nilai profesionalisme terbaik.

Salah satu cara terbaik untuk menjadikan etika bisnis, code of conduct, core value perusahaan, dan moral terpuji sebagai bagian dari perilaku kerja sehari-hari, adalah melalui proses memodifikasi karakter para karyawan dan pimpinan perusahaan. Proses memodifikasi ini harusnya menjadi sebuah proses menginternalisasian nilai-nilai perusahaan ke dalam karakter pribadi dan karakter kerja karyawan. Sehingga perusahaan mampu menjalankan setiap nafas dari core value perusahaan dengan bijak dan profesional.

Nilai-nilai terpenting yang harus ada dalam core value perusahaan adalah nilai-nilai yang dapat membuat karyawan menjadi loyal untuk berdedikasi secara utuh dan total terhadap visi dan misi perusahaan. Intinya, diperlukan nilai-nilai integritas yang tinggi, nilai-nilai profesionalisme, nilai-nilai kecintaan dan kepedulian kepada perusahaan, nilai-nilai untuk menjaga kebersamaan dalam komunikasi positif yang efektif, dan nilai-nilai untuk melayani semua kepentingan customer, shareholder, dan stakeholder lainnya dengan sikap dan perilaku terpuji.

www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com