Bila Staf Membangkang Apa Yang Harus Dilakukan?

” Bila Staf Membangkang Terhadap Diri Anda, Sebaiknya Anda Melakukan Interospeksi Terhadap Sikap Dan Perilaku Anda. Bila Staf Membangkang Terhadap Etos Kerja Perusahaan, Segeralah Bertindak Tegas Untuk Menjaga Kehormatan Perusahaan Anda.” – Djajendra

Yth Bapak Djajendra,

Pak! Saya baru saja dipromosikan menjadi supervisor. Bagaimana cara terbaik untuk melakukan komunikasi dengan staf? Bila staf membangkang apa yang harus dilakukan. Terima kasih, pak! Puput, Jakarta.

Djajendra Menjawab!

Dear Puput,

Saya ucapkan selamat untuk promosi yang Anda terima. Menjadi supervisor berarti Anda adalah pemimpin yang telah  memiliki staf untuk dikelola. Selanjutnya, komunikasi merupakan hal terpenting untuk bisa menghasilkan sebuah kerja sama yang baik diantara Anda dengan para staf Anda.

Cara terbaik untuk melakukan komunikasi dengan staf. Pertama, lakukan secara persuasif dan bangun kekuatan empati di dalam diri para staf, untuk membantu Anda secara total di dalam pekerjaan sehari-hari. Kedua, kembangkan sebuah etos kerja yang baik, yang sesuai dengan nilai-nilai dan budaya kerja perusahaan. Lalu, pastikan semua komunikasi Anda dengan staf Anda tersebut dilakukan sesuai dengan etos kerja perusahaan.

Saya tidak memahami maksud ”membangkang” dari email yang Anda kirim ke saya. Apakah staf membangkang terhadap kepribadian Anda, atau apakah staf membangkang terhadap etos kerja perusahaan? Jika staf membangkang terhadap kepribadian Anda, maka sebaiknya Anda melakukan interospeksi terhadap diri Anda. Sebab, mungkin saja ada hal-hal atau perilaku yang harus Anda rubah, agar Anda bisa menjadi pribadi yang dihormati oleh para staf Anda. Tetapi, jika staf membangkang terhadap etos kerja perusahaan, Anda harus berani bersikap tegas dan mengambil tindakan, untuk menjaga kehormatan perusahaan Anda.

Posted in Uncategorized