Customer Service Adalah Pejuang Garis Depan Bisnis

“Menjadi Customer Service Bukanlah Pekerjaan Mudah, Dan Tidak Boleh Asal-Asalan. Diperlukan Pribadi-Pribadi Hebat Dengan Kekuatan Sikap Baik Untuk Melayani Pelanggan.” – Djajendra

Bisnis yang kuat harus didukung dengan tim customer service yang andal. Bisnis yang hebat lahir dari perusahaan yang berorientasi pada pelayanan pelanggan berkualitas. Artinya, perusahaan harus menjadikan tim customer service sebagai pejuang garis depan bisnis. Perusahaan harus membangun karakter dan mind set customer service untuk berorientasi kepada pelayanan berkualitas.

Di era yang penuh kompetisi ini, hanya ada satu jalan terbaik buat menjaga loyalitas pelanggan, yaitu perusahaan harus membangun kepribadian pelayanan pelanggan yang menyentuh emosi pelanggan. Untuk itu, peran customer service menjadi begitu penting, sebab customer service merupakan orang pertama yang menemui pelanggan, orang pertama yang menciptakan reputasi perusahaan, dan orang pertama yang mampu membujuk pelanggan untuk mencintai produk dan jasa perusahaan.

Dalam bisnis pasti akan ada berbagai macam tantangan, dan disinilah peran customer service untuk mencitrakan kehebatan bisnis perusahaan. Apa pun tantangannya, customer service harus cerdas menangani semua tantangan pelayanan dengan cara mengoptimalkan semua potensi hebat perusahaan, dan melakukan pelayanan terbaik buat pelanggan.

Sebagai pejuang garis depan bisnis, customer service harus selalu berhati-hati dalam bersikap. Bila menjadi tidak bijaksana, maka taruhannya adalah kemungkinan kredibilitas dan reputasi perusahaan bisa tercemar. Untuk menjaga hal ini, customer service harus selalu bertindak melalui kecerdasan emosional dan konsisten untuk menampilkan sikap baik kepada pelanggan.

Customer service tidak boleh mencoba-coba untuk memainkan peran antagonis dalam pelayanan, nanti pelanggan bisa menjadi tidak setia lagi kepada perusahaan.

Sebagai pejuang garis depan bisnis, customer service harus mengembangkan diri dan menyatu bersama nilai-nilai sop perusahaan, serta memiliki motivasi untuk secara konsisten memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan.

Customer service wajib meningkatkan keyakinan untuk menjadi tim pelayanan yang efektif, dalam mempertahankan keberhasilan pelayanan sempurna di setiap situasi dan kondisi.

www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com