Buatlah Visi Organisasi Bermakna Dan Lakukan Komunikasi Melalui Visi

”Pemimpin, Pengikut Dan Visi Haruslah Berada Dalam Satu Arah Yang Jelas Dan Terang.” – Djajendra

Ketika setiap orang dari level teratas sampai dengan level terbawah di dalam organisasi mampu berkomunikasi melalui visi organisasi, maka dapat dipastikan bahwa organisasi akan menjadi magnet sukses buat siapa pun. Oleh karena itu, pemimpin, pengikut dan visi haruslah berada dalam satu arah yang jelas dan terang. Kemudian pemimpin dan pengikut harus bersatu untuk membangun komitmen yang kuat kepada visi yang diperjuangkan. Tanpa komitmen yang mengikat hati dan pikiran masing-masing terhadap visi yang diperjuangkan, maka visi itu akan berada dalam ketidakpastian dan ketidakmengertian.

Adalah sebuah realitas bahwa para pemimpin akan mengisi berbagai level kepemimpinan yang berbeda di dalam organisasi, berbeda peran dan berbeda fungsi, tapi semua perbedaan itu tidak boleh mengaburkan tujuan utama dari visi organisasi.

Sebuah visi pasti akan mampu berkomunikasi secara baik, jika para pemimpin dan pengikutnya mampu mengendalikan diri dari intervensi nafsu dan ego diri yang berlebihan.

Pemimpin harus bersikap sabar terhadap semua tantangan dan hambatan yang di hadapi dalam pekerjaan. Pemimpin juga harus mencintai dan menekuni pekerjaan secara jujur. Sikap sabar, sikap mencintai pekerjaan, sikap menekuni tugas dan tanggung jawab, dan komitmen untuk menyatu ke dalam visi organisasi akan mengantar pemimpin dan pengikutnya kepada sukses yang diharapkan.

Jika sebuah visi mampu dikerjakan dalam sebuah rencana yang benar, maka tidak ada hal apa pun yang mampu menghalangi pemimpin dan pengikut untuk mewujudkan visi tersebut dalam realitas yang sempurna.

Mengkomunikasikan visi tersebut kepada setiap orang di setiap lapisan organisasi akan menghasilkan rasa percaya diri, rasa yakin, dan tanggung jawab dari setiap orang. Lalu, setiap orang akan bertekad untuk bekerja keras mewujudkan visi tersebut menjadi realitas.

Setiap pemimpin di semua level harus berbicara dan berkomunikasi secara profesional untuk membangun integritas dan loyalitas dari setiap pengikutnya, agar setiap pengikut mengerti dan memahami nilai-nilai yang ada di visi tersebut.

Visi yang dikerjakan bersama haruslah menjadi kendaraan yang kuat dan mesin-mesinnya terawat secara benar. Dan, setiap orang yang ikut dalam kendaraan visi tersebut harus mengerti kemana tujuan perjalanan mereka.


Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com