Melalui Kekuatan Intuisi Anda Pasti Mampu Mengelola Risiko Yang Tidak Teridentifikasi

”Risiko Yang Tak Teridentifikasi Sifatnya Tidak Berwujud, Tidak Berwarna, Tidak Terukur, Tidak Beraroma. Tetapi, Dia Berenergi Sangat Kuat Yang Bisa Melumpuhkan Kekuatan Bisnis.” – Djajendra

Intuisi yang terlatih dengan sempurna mampu menjadi alat yang ampuh untuk mengelola risiko yang tidak teridentifikasi. Seperti yang kita pahami bahwa dalam manajemen risiko ada namanya risiko yang dapat diukur, dipetakan, diidentifikasikan, dimitigasi, atau dapat dikenali melalui berbagai cara dalam pola ukur intelektual. Tetapi, ada juga risiko-risiko yang sulit diprediksi apalagi diidentifikasi melalui ukuran-ukuran intelektual. Sebab, jenis risiko ini sangat tidak mungkin dibuatkan konsep dan teorinya, jenis risiko ini bisa muncul oleh sebab akibat yang sangat kreatif dan cendrung tanpa batas.

Lantas, bagaimana seharusnya perusahaan mengelola risiko-risiko yang tidak teridentifikasi ini?

Adalah sebuah realita bahwa  dalam bisnis selalu akan ada unsur spekulasi, yang pada akhirnya menciptakan situasi tidak pasti. Ketidakpastian dalam bisnis adalah bagian nyata yang tak boleh diingkari eksistensinya oleh siapa pun dalam internal perusahaan. Bila ketidakpastian ini diingkari, maka risiko akan dengan sangat mudah menyusup ke semua aspek organisasi.

Risiko yang tak teridentifikasi ini sifatnya tidak berwujud, tidak berwarna, tidak terukur, tidak beraroma apa pun. Tetapi dia berenergi sangat kuat yang bisa melumpuhkan kekuatan bisnis Anda, termasuk mengakhiri pesona karier Anda bersama perusahaan yang Anda cintai.

Diperlukan integritas perilaku dalam kesadaran total untuk selalu berhati-hati dan berhitung risiko ’sebab – akibat’ dari sebuah proses bisnis. Pimpinan perusahaan harus selalu mengajarkan kepada setiap bawahannya untuk bekerja secara tim dalam lintas fungsi kerja dan antar unit kerja. Termasuk secara disiplin melakukan brainstorming untuk membuat kategori risiko yang saling terkait di antara unit kerja dan fungsi kerja yang ada.

Ketidakpastian merupakan akar dari tumbuhnya beragam risiko yang sering kali terkesan tidak teridentifikasi. Padahal bila Anda mampu melatih intuisi Anda secara sempurna untuk mencium dan melihat melalui mata hati Anda, terhadap berbagai jenis risiko yang tak teridentifikasi ini, maka secara otomatis pikiran bawah sadar Anda akan mengidentifikasikan semua risiko yang tak teridentifikasi itu. Untuk kemudian, agar dapat Anda kelola secara profesional, serta menghindari berbagai bencana terhadap perusahaan, bisnis, dan diri Anda sendiri.

www.djajendra-motivator.com