Djajendra Menjawab!… Menjadi Negosiator Ulung

“Seorang Negosiator Ulung Yang Terhormat Adalah Ia Yang Mau Mengeluarkan Semua Potensi Sikap Baiknya, Untuk Membangun Hubungan Positif Dengan Cara Merespons Semua Tantangan Melalui Nilai Kebaikan.” – Djajendra

Menjadi Negosiator Ulung

Pertanyaan ?

Dear Bpk Djajendra,

Nama saya Peter, saya bekerja di bagian sales/customer relation di perusahaan property kenamaan di Surabaya. Pertanyaan saya, hal apa saja yang harus saya lakukan agar saya mampu menjadi seorang negosiator ulung ? Terima kasih atas perhatiaannya.

Djajendra Menjawab!

Dear Peter,

Seorang negosiator ulung haruslah cerdik berkomunikasi; cerdas mempengaruhi orang lain; pintar menaklukkan hati lawannya dengan bersikap baik untuk mendapatkan kesepakatan terbaik. Negosiator ulung tidak akan melakukan intimidasi, tapi mampu membaca hati dan pikiran lawan bicara, lalu bersikap terbuka dan jujur untuk melakukan kompromi yang saling menguntungkan.

Hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang negosiator ulung adalah dengan memahami keinginan lawan bicara melalui kecerdasan empati, lalu sinergikan keinginan Anda dengan keinginan lawan bicara, tanpa menghilangkan atau mengubah tujuan Anda. Ingat, negosiasi yang baik harus menawarkan banyak pilihan yang membahagiakan kedua bela pihak.

Berikut tips buat Peter untuk menjadi negosiator ulung :

  1. Punya Niat Baik Dan Sikap Baik

  1. Jangan Sertakan Dendam Dalam Negosiasi.

  1. Fokus Pada Kepentingan Yang Saling Menguntungkan.

  1. Ciptakan Banyak Pilihan Dan Banyak Solusi Untuk Hasil Negosiasi Yang Sempurna.

  1. Tidak Semua Hal Bisa Dinegosiasikan, Jadi Jangan Terjebak Pada Sebuah Kepentingan Sempit, Seperti Kepentingan Ideologi, Keyakinan, Kepercayaan, Budaya, Peradaban, ….

  2. Menjadi Seorang Negosiator Yang Jujur, Adil, Koperatif, Bersahabat, Kreatif, Efektif, Objektif, Dan Strategis.


Sekian dulu, ya, Peter. Have a great day!

Posted in Uncategorized