Site icon MOTIVASI DJAJENDRA

Melangkah Dengan Optimis.

Kalau Setiap Orang Berpikir Optimis, Maka Krisis Seberat Apa Pun Akan Menjadi Ringan. Jadi, Mengapa Anda Harus Sibuk Dengan Menyebarluaskan Berita Pesimis? Bangkitlah Dengan Terhormat Untuk Mengabarkan Berita-Berita Optimis Kepada Semua Orang.” – Djajendra

Sudah cukup banyak orang-orang bersikap pesimis pada kondisi ekonomi dan bisnis di tahun 2009. Semoga saja Anda tidak ikut-ikutan bersikap pesimis dalam menatap tantangan yang ada di tahun 2009, tetapi mampu berkonsentrasi untuk memberdayakan semua kekuatan bisnis Anda, agar di tahun 2009 Anda mampu meraih sukses yang maksimal.

Anda harus percaya bahwa tidak ada persoalan yang tidak dapat dipecahkan, semua persoalan dan tantangan sesungguhnya sangat sederhana, yang terpenting Anda mau memiliki sikap sabar, pikiran jernih, berempati pada persoalan yang ada, bersikap jujur dan realistis pada tantangan yang ada. Jadi, pastikan Anda melangkah ke 2009 sambil mencari solusi-solusi jitu dengan pikiran jernih, jujur, dan berempati pada setiap keadaan.

Jangan ragu untuk menjadi pribadi yang penuh percaya diri dalam sikap mental pemenang. Taklukkan krisis dengan kekuatan sumber daya, semangat, dan rasa optimis Anda pada kekuatan yang ada disekitar Anda. Jadilah surviver sejati yang mampu mengatasi semua persoalan krisis ekonomi global, dan menjadikan unit bisnis Anda kebal terhadap segala ancaman krisis.
Pastikan Anda melangkah ke tahun 2009, dengan sikap yang lebih sabar dalam setiap keputusan penting di perusahaan; jangan biarkan perusahaan tanpa keuntungan, konsentrasikan semua asset produktif untuk menghasilkan keuntungan; jangan berspekulasi pada posisi arus kas, tapi pastikan arus kas perusahaan berbiaya murah, lancar dan menjamin likuiditas; perhatikan semangat dan keterampilan sumber daya manusia, berikan harapan dan kepercayaan diri kepada mereka untuk melewati masa-masa krisis; bertindaklah lebih konservatif dan hindarkan segala hal yang bersifat spekulasi; miliki prioritas yang jelas terhadap semua langkah dan gerak perusahaan.

Anda tidak perlu terlalu kuatir tentang krisis ekonomi global saat ini. Sebab, semua bangsa dan semua negara saling berlomba melakukan berbagai tindakan hebat untuk penyelamatan ekonomi mereka secara besar besaran.

Ekonomi Indonesia juga sedang berjalan ke arah yang lebih baik dibandingkan tahun 1998, termasuk sistem perbankan Indonesia dari hari ke hari menjadi semakin tangguh dan solid. Jadi, jangan biarkan krisis finansial global merusak reputasi dan kredibilitas dari bisnis Anda.

Pastikan Anda mampu meredam psikologis pesimis dari para stakeholder Anda. Sebab, psikologis pesimis stakeholder adalah racun yang mampu merusak kekuatan fundamental perusahaan Anda. Jadi, waspadalah pada psikologis pesimis stakeholder Anda. Pastikan Anda mampu mengatasi psikologis pesimis stakeholder, dengan cara melakukan komunikasi intensif dengan semua mitra kerja, pelanggan, bank, pemasok, dan stakeholder penting lainnya.

Siapkan mental sumber daya manusia untuk bersemangat mengendalikan benih krisis; hindari semua yang bersifat spekulasi dan lakukan kalkulasi cerdas pada setiap tantangan yang muncul; kendalikan fluktuasi nilai uang; rawat asset liabilities equity dalam zona aman; amankan profitabilitas, arus kas, dan likuiditas perusahaan pada posisi yang kuat dan tepat; kendalikan semua unsur biaya; kendalikan budget dengan meminimalis semua potensi risiko; ciptakan sistem internal control yang lebih kreatif dalam menghadapi semua potensi risiko krisis.

Pastikan Anda mampu memotivasi semua kekuatan sumber daya manusia, untuk bekerja lebih efisien dibanding pesaing, dan mampu memperkuat sistem pemasaran untuk menjawab semua kebutuhan pelanggan.

Tanamkan rasa percaya diri pada setiap orang di perusahaan Anda untuk menemukan peluang-peluang baru dalam menghadapi krisis yang tak pasti ini. Dan percayalah! Anda pasti mampu memenangkan krisis global dan mendapatkan peluang dari hal ini.

Sukses selalu bersama para pejuang yang tidak pernah mengenal kata menyerah dalam hidupnya. Selamat berjuang!….Anda adalah pemenang!


Exit mobile version