Customer Bukanlah Raja, Tapi Sumber Penghasilan Bisnis Anda.

“Customer Anda Bukan Maharaja Dan Maharani Dengan Mahkota Keabadian Untuk Dilayani Seperti Para Dayang Melayani Raja Dan Raninya, Tapi Customer Anda Adalah Sumber Utama Penghasilan Bisnis Anda Yang Wajib Anda Rawat Dan Jaga Dalam Sebuah Manajemen Pelayanan Yang Tangguh Dan Kokoh.”- Djajendra

Ada sebuah mind set yang tertanam di dalam pikiran kebanyakan pebisnis, yaitu menganggap customer sebagai raja yang harus dilayani seperti para dayang melayani sang rajanya. Padahal customer tidak pernah berpikir menjadi raja dan minta dilayani seperti raja. Customer hanya butuh pelayanan berkualitas tinggi, harga yang wajar, inovasi dan kualitas produk yang andal. Customer hanya berharap kekuatan positif untuk mengubah sikap tidak baik Anda menjadi sikap baik, yang mampu mempengaruhi customer untuk menjadi loyal pada jasa dan produk Anda.

Anda perlu melayani customer dengan kualitas dan integritas yang tinggi. Sebab, customer Anda adalah sumber utama penghasilan bisnis Anda, dan jika Anda lalai memberikan pelayanan berkualitas tinggi kepada customer Anda, maka penghasilan dari bisnis Anda akan lenyap dan berkurang. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan kualitas layanan Anda. Pastikan Anda mampu mempengaruhi customer dengan sikap baik dalam kemasan pelayanan berkualitas tinggi yang profesional.

Perlu Anda pahami bahwa sehebat apapun kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan, tetapi bila Anda tidak bersikap baik pada customer, maka customer pasti malas berbisnis dengan Anda.

Anda tidak perlu terkenal atau tampil dalam profil yang mempesona untuk menjadi orang yang mempengaruhi customer. Anda tidak perlu busana mewah dan mahal untuk mempengaruhi customer Anda. Tetapi, Anda butuh sikap baik agar setiap customer merasa nyaman berhubungan dengan Anda. Karena sikap baik adalah energi positif yang mampu memberikan pelayanan berkualitas tinggi.

Selama Anda mampu berhubungan baik sambil mempengaruhi persepsi customer untuk selalu membeli jasa dan produk Anda, maka Anda telah menunjukkan sikap profesionalisme dalam pelayanan sempurna Anda.

Customer sebagai sumber penghasilan bisnis haruslah dirawat dan dijaga secara baik. Untuk itu, Anda membutuhkan waktu, tenaga, dan praktek perilaku positif. Berikut saya berikan beberapa kata kunci untuk membuat Anda mampu merawat dan menjaga customer Anda.

1. Miliki Integritas Dalam Pelayanan.

2. Jangan Pernah Lalai Untuk Mendidik Customer Anda.

3. Miliki Keyakinan Kuat Untuk Memberikan Segala Kebaikan Buat Customer.

4. Pastikan Anda Mendengarkan Semua Warna Suara Customer.

5. Pastikan Anda Mampu Memahami Kebutuhan Customer Atas Produk Dan Jasa Yang Anda Tawarkan.

6. Pastikan Anda Selalu Memperbesar Basis Customer Anda.

7. Pastikan Anda Memiliki Teknik Navigasi Pelayanan Customer Yang Jelas Dan Sederhana.

8. Pastikan Anda Selalu Mampu Tersambung Dengan Empati Pada Persepsi Customer.

9. Pastikan Anda Cerdas Dalam Memberdayakan Sumber Daya Untuk Kepuasan Customer.

10. Pastikan Anda Selalu Mereproduksi Ulang Pelayanan-Pelayanan Berkualitas Tinggi Secara Konsisten Dan Wajar.

11. Customer tidak pernah berharap dianggap sebagai raja oleh Anda, customer hanya butuh pelayanan berkualitas tinggi, sikap baik, harga yang wajar, produk dan jasa yang baik, dan Anda jujur pada mereka.