Setiap Orang Adalah Bagian Dari Orang Lain.

”Semua Manusia Adalah Satu Yang Terpisahkan Oleh Mind Set Berbeda, Tapi Dalam Sistem Alam Semesta, Manusia Adalah Sebuah Energi Utuh Yang Tak Terpisahkan Oleh Hal Apa Pun.” Djajendra

Setiap Orang Adalah Bagian Dari Orang Lain.

Hidup adalah energi yang saling tergantung dalam sebuah lingkaran kepedulian untuk menjaga keseimbangan yang harmonis. Tidak ada seorang pun bisa hidup tanpa tergantung kepada kehidupan yang lain. sebab hidup kita ini memang sebuah rangkaian kolaborasi antara satu individu dengan individu yang lain dalam sebuah ikatan kuat. Di mana, setiap individu tidak mungkin melangsungkan kehidupannya tanpa campur tangan individu yang lain, dan tanpa dukungan alam semesta yang mengijinkan manusia untuk tinggal di planet bumi ini.
Semua individu haruslah memiliki inisiatif yang kuat untuk berkolaborasi dalam semua aspek kehidupan. Melalui kolaborasi semua beban menjadi lebih ringan, dan orang – orang yang bebannya sudah ringan bisa menggunakan energi hidupnya untuk melakukan pekerjaan yang mendatangkan kinerja optimal melalui rasa damai dan bahagia. Pengetahuan, pengalaman, pengendalian diri, dan motivasi dari diri sendiri, akan memberikan gambaran tentang kemana Anda harus melangkahkan hidup Anda.
Hidup tanpa berkolaborasi adalah tidak mungkin. siapa pun diri Anda, atau sehebat apa pun yang Anda pikirkan tentang diri Anda, Anda pasti tidak diijinkan oleh planet bumi untuk hidup tanpa berkolaborasi dengan kehidupan lain. Planet bumi sendiri bisa dihuni oleh manusia karena inisiatif bumi untuk berkolaborasi dengan matahari. Apakah Anda bisa membayangkan jika matahari malas untuk berkolaborasi dengan planet bumi?, mungkin sangat menakutkan hasilnya. Tanpa matahari, planet bumi adalah tanah gersang tanpa kehidupan. Seperti itulah ketika Anda menjadi karyawan sebuah perusahaan dan Anda malas melakukan kolaborasi dengan visi, misi, dan nilai perusahaan Anda, maka cerita Anda sama seperti kisah matahari yang malas berkolaborasi dengan planet bumi.
Ketika Anda akan melakukan pekerjaan pelayanan kepada customer dengan kualitas tinggi, haruslah melalui inisiatif untuk berkolaborasi secara interaktif dengan ide dan harapan para customer Anda. Bila Anda malas melakukan kolaborasi dengan semua harapan, hasrat, dan kebutuhan customer Anda, maka customer Anda akan pergi dari Anda, dan hasilnya adalah kinerja penjualan Anda melorot ke bawah.
Demikian juga ketika fungsi kerja yang Anda kerjakan malas untuk berkolaborasi dengan fungsi kerja yang dikerjakan rekan – rekan sekantor Anda, maka perusahaan Anda terancam gagal mencapai hasil optimal.
Inisiatif untuk berkolaborasi harus menjadi kultur yang kuat dalam membangun tim kerja yang kompak dan harmonis. Tanpa niat berkolaborasi tidak akan ada sebuah karya besar dalam bisnis Anda. Kerja sama atau kolaborasi merupakan takdir kehidupan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Semua gerak kehidupan merupakan hasil nyata dari sebuah kolaborasi yang harmonis. Mungkin seringkali ego diri menghalangi seseorang untuk bekerja sama dalam kolaborasi yang meringankan beban masing – masing. Kolaborasi yang tidak sempurna tidak akan memberikan kinerja optimalnya dalam semua aspek pekerjaan apa pun. Setiap orang dalam hidup ini adalah bagian dari orang lain, termasuk bagian dari sistem alam semesta.
Dalam ruang lingkup kecil seperti di kantor, Anda harus bisa menata diri Anda untuk berkolaborasi secara sempurna, untuk mau secara tulus berkomunikasi dalam semangat menjaga keharmonisan bekerja dalam tim yang kuat dan solid. Sebab sering sekali komunikasi negatif dan persepsi buruk tentang unit kerja yang lain membuat ketegangan yang membosankan terus menerus berlangsung di tempat kerja. Padahal setiap orang datang ke kantor dengan menginginkan kedamaian, kebahagiaan, kesuksesan, dan tidak stres, tapi realitas selalu menunjukkan orang – orang di kantor selalu bermain politik ala kantoran yang menghasilkan energi negatif dan stres buat siapa pun. Bila saja semua unit kerja mau berkolaborasi dalam semangat dan niat sukses yang keluar dari internal diri masing – masing individu, pastilah kesuksesan demi kesuksesan akan menjadi milik organisasi Anda. Dan, Anda juga pasti menikmati kebahagian dan kedamaian yang ditawarkan oleh lingkungan kerja Anda.
Mungkin sudah saatnya buat semua orang, untuk mulai membuka hati dan pikiran positif dengan menyingkirkan semua prasangka buruk dalam harapan menghadirkan kolaborasi yang harmonis dan dinamis.
Inisiatif untuk berkolaborasi haruslah lahir dari hati yang tulus dan ikhlas dalam memberikan pelayanan terbaik buat siapa pun yang berhubungan dengan Anda.


Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com