Visi Kepemimpinan

“Visi Kepemimpinan Itu Tidak Sekedar Rencana Atau Target, Tapi Gambaran Jelas Tentang Yang Anda Inginkan Di Masa Depan.”-Djajendra

Visi adalah tujuan akhir dari sebuah perjuangan, tujuan akhir bukan berarti pekerjaan terakhir, tapi sebuah pekerjaan yang tak boleh terhenti, walau visi yang diinginkan sudah terwujud dalam hidup. Bila Anda pemimpin, Anda harus sadar bahwa tanpa visi dan tanpa tindakan pada visi yang diinginkan, jangan pernah berkata ada kepemimpinan. Sebab, tanpa visi tidak ada kepemimpinan apapun atas apapun, yang ada hanya sekumpulan orang dengan ambisi besar tanpa arah.

Keberhasilan sebuah kepemimpinan sangat ditentukan oleh pemahaman terhadap visi. Pemahaman bahwa visi itu adalah tujuan, visi itu adalah target, visi itu adalah tindakan, visi itu adalah gairah besar untuk meraih gambaran masa depan yang diinginkan dalam hidup. Sebuah visi yang jelas dan sederhana harus fokus pada sebuah gambaran tentang masa depan yang diinginkan, masa depan yang diimpikan dengan dukungan segenap potensi diri dan potensi sumber daya.

Tanpa visi yang jelas dan sederhana, Anda tidak akan pernah mewujudkan semua hasrat kepemimpinan diri Anda dengan total dan berkualitas. Tanpa visi Anda hanya berlari dan berputar dalam sebuah lingkaran kepemimpinan yang tidak jelas, Anda hanya bekerja berlandaskan rutinitas tanpa tujuan yang terfokus, Anda hanya akan berteriak sambil menyalahkan orang lain. Sebab, jiwa Anda tidak terpanggil untuk melakukan sesuatu kearah yang jelas, semua ide Anda hanya baik buat menyikapi rutinitas pekerjaan Anda, emosi Anda selalu dalam ketidakpastiaan, yang menandakan Anda tidak profesional dalam menjalankan roda kepemimpinan.

Setiap pemimpin harus membangun dan merawat visi kepemimpinan dengan tujuan yang jelas, dan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari berbagai kejadian yang mewarnai kepemimpinan tersebut. Ini adalah bagian dari kepemimpinan yang memerlukan hubungan antara visi kepemimpinan dengan realitas kehidupan yang ada, termasuk realitas atas dukungan pengikut pada kepemimpinan. Semakin kuat kepemimpinan yang didukung oleh faktor-faktor di luar diri, maka semakin tangguh visi kepemimpinan tersebut. Visi kepemimpinan yang kuat akan melahirkan pemimpin karismatik yang andal. Seorang pemimpin karismatik pasti mampu menggambarkan visi yang diinginkannya tersebut secara sangat jelas, dan mampu membuat para pengikut terobsesi dengan visi tersebut. Ia seorang pemimpin yang secara jelas akan menyatakan bahwa semua pengikut adalah bintang-bintang terhebat untuk membuat visi tersebut berwujud dalam kehidupan nyata. Ia akan membuat semua pengikut menjadi pendengar yang hebat, dan ia mampu membantu para pengikut untuk benar-benar menghayati dan mendapatkan semua nilai-nilai hebat dari visi yang sedang diperjuangkan itu. Ia seorang pemimpin yang benar-benar mampu memindahkan semua keinginan dari visi tersebut kepada pengikut.

Seorang pemimpin adalah seorang pembicara yang hebat, seorang inspirator yang mampu membuat pendengar percaya pada dia. Dia adalah seorang pemimpin yang mampu melihat gambaran masa depan dengan jelas, dan mampu mempresentasikan visi kepemimpinan dengan penuh percaya diri. Visi kepemimpinan yang hebat adalah yang benar-benar mampu menciptakan daya tarik pesan ke pendengar, bukan sekedar orasi yang hebat, yang membuat pesan dari visi tidak dapat dipahami oleh orang lain.

Visi kepemimpinan harus dalam wujud harapan bersama antara pemimpin dan pengikut, bukan sekedar harapan pemimpin yang tidak disukai pengikut. Pemimpin dan pengikut harus menyatu dalam tujuan visi yang jelas. Pemimpin dan pengikut harus bisa saling memberi dan berkomunikasi untuk menindaklanjuti visi tersebut, sehingga visi tersebut dapat mewujud dalam realitas yang ada.

untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Author: DJAJENDRA

Djajendra is corporate motivator. The best corporate motivator in Jakarta, Indonesia. web site: http://www.djajendra-motivator.com E-mail: training@djajendra-motivator.com E-mail: konsultasi@djajendra-motivator.com