Good Corporate Governance Membuat Perusahaan Lebih Kuat Dan Sehat

“Jika Prinsip-Prinsip Terbaik Diabaikan, Hal Itu Sama Artinya Mengundang Risiko Merusak Semua Potensi Sukses.” – Djajendra
Good Corporate Governance berpotensi mengatasi krisis dan menjaga perusahaan untuk tetap berada dalam kendali manajemen yang kuat dan disiplin. Perusahaan yang melaksanakan good corporate governance dengan integritas yang tinggi akan secara otomatis memiliki daya tahan untuk menghadapi ancaman dari internal dan eksternal perusahaan. Prinsip-prinsip good corporate governance adalah prinsip – prinsip manajemen yang fokus pada pengendalian internal organisasi yang kuat. Tetapi, ketika perusahaan tidak mau bekerja dengan prinsip-prinsip good corporate governance, maka berbagai potensi negatif akan bersarang dan berkembang untuk merusak moral dan etika kerja dari sumber daya manusia secara total.

Sebagian besar perusahaan yang suka oleng disebabkan oleh sikap dan cara pengelolaan yang tidak menggunakan nilai-nilai good corporate governance secara tepat pada saat – saat yang krusial. Untuk menjaga agar perusahaan tidak oleng, maka semua kekuatan sumber daya perusahaan secara total dan utuh harus mampu menjaga efektifitas, efisiensi,  dan produktivitas dari asset-liability-equity perusahaan, termasuk cash flow dan profit perusahaan dalam keseimbangan yang tepat dengan cara-cara pengelolaan yang patuh pada prinsip-prinsip good corporate governance. Jika perusahaan gagal bekerja dengan the best corporate practices, maka sistem pengendalian internal perusahaan akan sulit mengukur semua risiko secara baik, sistem keuangan perusahaan akan menjadi tidak konsisten, para pelanggan akan bosan dengan etika dan moral pelayanan yang buruk, dan ada banyak hal-hal lain yang bisa menyebabkan perusahaan berada dalam genggaman potensi negatif. Dan semua itu akan menggerogoti daya saing, cash flow, sumber daya manusia, produk, dan jasa perusahaan, sehingga perusahaan akan sulit bernafas dengan sempurna.

Praktik good corporate governance sangat penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan dalam kompetisi pasar yang ketat, melalui praktik good corporate governance perusahaan selalu mampu menciptakan pertumbuhan bisnis sesuai target dan rencana. Praktik good corporate governance merupakan sikap profesionalisme yang beretika dan bermoral tinggi, sehingga semua kekuatan manusia korporasi tidak lagi berpolitik praktis di dalam perusahaan, tapi bersatupadu untuk meningkatkan kualitas perusahaan menjadi lebih kuat dan lebih sehat.

Praktik good corporate governance juga membuat perusahaan menjadi kokoh dan kuat dari segala macam badai krisis, yang secara pasti tidak akan menggerogoti semua potensi hebat perusahaan. Praktik good corporate governance selalu menjaga dan mengendalikan semua kewajiban-kewajiban perusahaan pada shareholder dan stakeholders, seperti gaji, biaya operasional rutin, biaya bunga pinjaman, biaya-biaya tetap, dan biaya tidak tetap lainnya, melalui sebuah sistem dan kultur yang terikat pada etika dan nilai-nilai praktik korporasi yang sehat dan bersih.

Rahasia kesuksesan dari implementasi good corporate governance terletak pada kepemimpinan yang kuat dan memiliki daya tahan untuk bekerja dalam organisasi yang serba berwarna-warni. Kepemimpinan yang sanggup memotivasi dan meyakinkan setiap sumber daya manusia perusahaan untuk tetap bersemangat tinggi dalam kerja sama melalui panduan etika bisnis yang berkualitas, serta menjaga rasa hormat di antara mereka dengan kesabaran tinggi dan kerja keras tanpa henti. Kepemimpinan yang memberi contoh – contoh positif dalam proses implementasi good corporate governance adalah kepemimpinan yang secara sepenuh hati mengabdikan dirinya untuk keselamatan perusahaan. Dan mereka adalah para pemimpin yang tidak egois untuk kepentingan pribadi, tapi selalu bekerja untuk kepentingan visi dan misi perusahaan.

Pada akhirnya kita semua harus sadar bahwa praktik perusahaan yang sehat, yang berdasarkan prinsip-prinsip GCG akan menjaga kredibilitas dan reputasi perusahaan di mata para shareholder dan stakeholders, dan ketika perusahaan mampu secara konsisten melaksanakan prinsip-prinsip good corporate governance, maka secara pasti perusahaan  akan menjadi kekuatan yang unggul di bidang bisnisnya. Melalui kesadaran tertinggi, ketulusan hati tertinggi, keikhlasan tertinggi dari setiap sumber daya manusia, untuk mau bersatu dalam persepsi yang sama dalam implementasi nilai-nilai good corporate governance secara sempurna di perusahaan, akan menjaga perusahaan dari ancaman berbagai macam penyakit kronis yang mungkin bisa merusak fondasi perusahaan tersebut.

Manusia adalah kreatifitas tidak terbatas, dan setiap upaya untuk bekerja melalui the best corporate practices, yang dilakukan secara sadar dengan keyakinan tinggi akan menghasilkan sukses yang membahagiakan hati dan pikiran dari semua shareholder dan stakeholdernya.

untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com