Pikiran Sempit?

“Saat Anda Terjebak Dalam Pikiran Sempit Anda Akan Sulit Melihat Kehidupan Dari Persepsi Baik, Anda Akan Selalu Melihat Kehidupan Dari Persepsi Buruk.” – Djajendra

Pikiran sempit menjadi penyebab utama ketidakharmonisan kehidupan manusia, dengan efek langsung pada penderitaan batin yang akan langsung merusak rasa damai dan rasa bahagia manusia.

Pikiran sempit memang tidak pandang bulu, dia bisa berada dalam pikiran dan jiwa siapa saja dalam setiap situasi tanpa bisa di duga. Saat Anda terjebak dalam pikiran sempit Anda akan sulit melihat kehidupan dari persepsi baik, Anda akan selalu melihat kehidupan dari persepsi buruk.

Pikiran sempit juga akan menjadikan Anda sebagai pribadi yang tidak memiliki toleransi bagi perbedaan pendapat, keragaman, dan perubahan. Anda akan digiring ke mindset sempit, untuk membangun keyakinan hidup yang terbatas dalam ruang hidup sebatas mindset sempit tersebut.

Mindset sempit tersebut akan selalu menghalangi Anda untuk bertindak lebih jauh dari pada ukuran mindset sempit tersebut. Kebijaksanaan hidup Anda hanya ada sebatas kemampuan Anda untuk melihat warna kehidupan dari lensa mindset sempit tersebut. Dan, Anda juga tidak akan mampu melihat perbedaan sebagai sesuatu yang indah. Pikiran sempit hanya akan membuat hidup Anda berada dalam wawasan dangkal, tanpa kebijaksanaan hidup untuk menjadi lebih manusiawi.

Salah satu cara untuk menghambat pikiran sempit adalah dengan memiliki pandangan hidup yang terbuka, dalam persepsi yang mampu menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Kekuatan sikap untuk tidak terjebak dalam mindset sempit merupakan solusi yang paling tepat, agar Anda bisa mengembangkan semua potensi hebat diri Anda melalui lensa kehidupan yang lebih luas daripada samudra kehidupan.

Berpikir dan memvisualisasikan semua keinginan besar Anda tanpa terhalangi oleh sikap yang membatasi ruang gerak Anda untuk menuju sukses adalah jalan terbaik untuk menghindari jebakan dari pikiran sempit.

Berikan respons positif terhadap semua perubahan yang membawa misi kebaikan bagi Anda dan kehidupan orang lain. Miliki aturan sederhana tentang semua kebaikan yang harus Anda manfaatkan untuk kepentingan semua orang. Dan pastikan setiap masalah yang Anda hadapi telah memiliki solusi terbaiknya. Jangan pernah terjebak dalam upaya mencari – cari kesalahan atas sebuah situasi atau peristiwa. Tetapi selalulah berpikir untuk menemukan solusi terbaik tanpa ingin menghukum siapapun atas sebuah kekeliruan.

Hidup ini bukan sebuah ilusi untuk mendapatkan segalanya secara instan. Tetapi kehidupan tumbuh bersama proses panjang yang kadang diiringi dengan berbagai peristiwa yang menyakitkan dan juga peristiwa yang membahagiakan.

Sebagai pribadi yang berwawasan terbuka dan luas tentu Anda tidak ingin terjebak dalam sebuah peristiwa hidup, yang menggiring Anda ke dalam mindset sempit. Untuk menghindari setiap perangkap kehidupan yang bertujuan membatasi tumbuhnya potensi sukses Anda, adalah melalui prinsip hidup positif yang jelas dan sederhana.

Saat Anda berpegang kuat kepada prinsip pengembangan diri yang positif, Anda akan masuk ke dalam kebiasaan hidup untuk berpikir dan bertindak atas dasar nilai – nilai kebijaksanaan hidup yang berwawasan luas. Kesadaran diri untuk memberikan nilai – nilai kebaikan buat setiap orang adalah kata kunci untuk dapat terhindar dari jebakan maut pikiran sempit.