Menguatkan Kerja Tim Di Kantor Lewat Outbound

“Pekerjaan Kita Bukanlah Hidup Kita, Tapi Hanya Sebuah Permainan Kita Saat Ini. Kita Mempunyai Pilihan Hidup.”-Joshu Halberstam

Saat Anda dan teman-teman Anda di kantor kehilangan semangat dan gairah kerja, dan saat si bos sudah mulai suka marah – marah. Itu artinya Anda, si bos, dan teman-teman Anda di kantor butuh bersantai sejenak bersama aktivitas yang menyegarkan jiwa, raga, dan pikiran. Dan, saatnya kantor Anda mengadakan outbound/outing ke daerah pegunungan yang dingin dan sejuk. Pilih lokasi outbound/outing yang alamnya indah, asri dan bersahabat. Rancang program outbound/outing yang ringan, santai, dan menyenangkan. Undang seorang motivator profesional untuk menguatkan kerja tim di kantor, waktu untuk si motivator jangan lebih dari tiga jam. Sebab, Anda bersama bos dan teman-teman butuh lebih banyak waktu, untuk acara bersama – sama yang saling menguatkan semangat untuk hari esok di kantor Anda. Pastikan semua program atau acara bersifat ringan, fleksible, menyenangkan, dan menguatkan semangat dan hubungan kerja di antara Anda, bos dan teman – teman. Libatkan semua orang di kantor untuk aktif berpartisipasi dalam semua program yang Anda buat di acara outbound/outing ini. Jangan ada permainan atau pun program yang bersifat menyiksa pikiran, jiwa dan raga secara keras, semua program harus bersifat ringan dan cendrung ke arah referesing bersama.
Outbound/outing ini lebih di arahkan pada penyegaran pikiran, jiwa, dan raga dari rasa bosan dan jenuh di tempat kerja. Ajaklah semua orang untuk berpikir dan bertindak santai dalam setiap acara.
Jangan terlalu serius, apalagi bersifat mendoktrin pikiran peserta. Jadikan acara santai ini untuk saling mengisi buat menguatkan kerja tim di kantor Anda.

Berikut tips untuk membuat program outbound/outing yang ringan dengan tema ‘menguatkan kerja tim di kantor lewat outbond/outing:

1.Nyalakan api motivasi untuk saling mendukung, saling mempercayai, dan tidak menggampangkan orang lain.(Pelaksanaan program ini sebaiknya diserahkan pada motivator Profesional)

2.Olah raga sambil mengenali dan menghormati kepribadian yang berbeda.(Lakukan secara bersama- sama dengan si bos dan teman-teman kerja)

3.Merenung bersama untuk saling berempati dalam membangun sinergi team.(Lakukan secara bersama-sama dengan si bos dan teman-teman kerja. Usahakan setiap orang menyalakan sebuah lilin kecil dan nyala api lilin tetap harus terjaga sepanjang proses perenungan)

4.Referesing sambil mengkomunikasikan visi individu dengan visi team kerja.(Lakukan secara bersama-sama dengan si bos dan teman-teman kerja. Pastikan program referesingnya benar-benar bersifat fun dan leisurely, jangan ada pertengkaran dan salah paham di sepanjang proses referesing ini. Anda, si bos, dan teman-teman harus menyatu ke satu arah yang sama)

5. Buat permainan yang menciptakan rasa gembira dan rasa bersatu.(Lakukan secara bersama-sama dengan si bos dan teman-teman kerja. Pastikan permainannya sesuai dengan usia dan kematangan berpikir peserta, jangan berikan permainan anak-anak kepada orang dewasa yang pikirannya sudah matang)

6.Makan yang banyak dan sepuasnya, rasakan sensasi keasrian alam pegunungan, dan nikmati oksigen segar dari hutan-hutan kecil di sekitar lokasi outbound/outing perusahaan Anda.

7.Yakinkan diri Anda semua bahwa program outbound/outing ini memberikan kesegaran dan kedamaian pikiran. Pastikan juga bahwa Anda semua setelah acara ini mampu bekerja lebih profesional dan lebih berkinerja.

8.Lihatlah semua niat baik perusahaan mengadakan outbound/outing ini sebagai upaya meningkatkan kualitas profesionalisme Anda semua.